Penyebab Klakson Kendaraan Beroda Empat Tidak Suara Dan Mengatasinya

Mengatasi klakson kendaraan beroda empat tidak bunyi - keberadaan klakson pada kendaraan bermotor, dimana fungsi dari klakson ini yaitu untuk memberi peringatan baik orang disekitar maupun pengendara lain yang tidak tahu atau tidak menyadari dikala kita sedang melintas, sehingga kita pun terhindar dari yang namanya kecelakaan.

Lalu bagaimana jikalau hingga klakson pada kendaraan beroda empat ini mati alias tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya ? nah jikalau klakson kendaraan beroda empat datang tiba mati anda sebaiknya pribadi melaksanakan pengecekan dan perbaikan, alasannya yaitu bila tidak akan berujung peristiwa dijalan raya.

 keberadaan klakson pada kendaraan bermotor Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi Dan Mengatasinya

Banyak sekali penyebab kenapa klakson kendaraan beroda empat menjadi tidak dapat suara secara datang tiba, mulai dari rusaknya tombol kontak klakson, kabel klakson, relay klakson hingga dengan horn yang memang sudah mulai rusak. Untuk melaksanakan pengecekan yang paling simpel dapat dimulai dari penggalan horn terlebih dahulu.

Cara mengecek horn / klakson yang mati atau rusak

Untuk melaksanakan pengecekan kenapa klakson kendaraan beroda empat ini mati pastikan bahwa horn dalam keadaan normal. Caranya lepas horn dari dudukannya, kemudian hubungkan pribadi ke sumber tenaga ( dalam hal ini aki kendaraan beroda empat ) mengunakan kabel. Horn yang normal akan berbunyi nyaring, bila bunyinya terputus putus atau bahkan tidak suara sama sekali silahkan lakukan penggantian horn.

Cek relay klakson ( bila ada )

Setelah horn di cek dan kondisinya baik baik saja alias normal, pengecekan dapat dilanjutkan ke penggalan relay klakson jikalau klakson kendaraan beroda empat menggunakan relay. Untuk melaksanakan pengecekan kondisi relay dapat dengan membuka kotak relay, kemudian hubungkan pribadi kaki kaki nomor 85 dan 86 pribadi ke sumber tenaga ( dalam hal ini aki ) kemudian perhatikan apakah terjadi gerakan pada kontaktor relay ataukah tidak, seharusnya kontaktor yang didalam relay harus bekerja membuka tutup, bila tidak terjadi apa apa ada indikasi relay mengalami kerusakan dan sebaiknya lakukan penggantian.

Baca juga : Cara menambahkan relay untuk klakson mobil

Cek tombol klakson / kabel spiral jikalau ada

Bila kedua komponen baik itu horn maupun relay dalam keadaan manis / normal, pengecekan dilanjutkan ke penggalan tombol klakson. Buka tutup setir dan perhatikan apakah ada soket soket konektor yang longgar, bila ada rapatkan dan tancapkan kembali. Bila kendaraan beroda empat anda menggunakan kabel spiral, coba lakukan investigasi pada penggalan kabel spiral yang ada didalam klakson, bila putus lakukan penyambungan dengan jalan di solder bila memungkinkan. Namun bila tidak dapat disambung lakukan penggantian kabel spiral.


Cek penggalan kabel kabel penghubung

Setelah semua komponen diatas telah diperiksa dan dalam keadaan baik baik saja, ada kemungkinan masalahnya ada di penggalan kabel kabelnya, coba lakukan pengecekan apakah ada kabel klakson yang putus atau tidak dengan menggunakan Avometer, periksa juga posisi kabel ground / massa horn apakah posisinya kurang bagus.

Nah itulah tadi beberapa penyebab kenapa klakson kendaraan beroda empat datang tiba mati dan cara mengatasi klakson kendaraan beroda empat yang mati. Semoga bermanfaat.



Comments

Popular posts from this blog

Fungsi Lain Dari Jalu Stang Motor

Rumor : Usia Kompressor Ac Kendaraan Beroda Empat Hanya 5 Tahun, Benarkah ?

Body Kit Kendaraan Beroda Empat Materi Plastik Vs Fiber Bagusan Mana ?