Indikator Abs Menyala Sehabis Ganti As Roda

Penyebab indikator ABS menyala - berbagai problem yang timbul pada sebuah mobil, beberapa problem mungkin gampang dipahami dan beberapa problem lagi masih banyak orang awam yang tidak tahu menahu bahkan ketakutan ketika terjadi sesuatu terhadap mobilnya, ibarat menyala nya lampu indikator yang terdapat di dalam dasboard kendaraan beroda empat mereka.

Seperti salah satunya yaitu indikator lampu ABS yang menyala, banyak penyebab kenapa indikator ABS ini menyala mulai dari putusnya kabel sensor ABS, rusaknya magnetik sensor ABS, sampai yang paling konyol yaitu lampu indikator ABS menyala alasannya yaitu kesalahan sewaktu memasang.

 berbagai problem yang timbul pada sebuah kendaraan beroda empat Indikator ABS Menyala Setelah Ganti As Roda

Hal ini walaupun tidak sering terjadi, namun pernah beberapa kali penulis temukan perkara salah pasang ring ABS sensor ( Wheel speed sensor ) yang terdapat pada salah satu poros roda yang ketika itu sedang dilakukan perbaikan, contohnya sehabis mengganti As roda, mengganti seal roda, mengganti rotor disc dan lain sebagainya.

Bila ada diantara anda yang pernah mengalami lampu indikator ABS menyala sehabis beberapa waktu dilakukan perbaikan pada salah satu penggalan roda, atau contohnya pernah mengganti AS roda, bisa jadi diakibatkan alasannya yaitu adanya salah pasang komponen wheel speed sensor yang ada di poros / AS roda tadi, entah itu terbalik ataupun alasannya yaitu tanpa sengaja kabel sensor nya terpukul palu sehingga terputus, atau bisa juga si mekanik lupa memasang ABS ring dari As usang ke As baru.

 berbagai problem yang timbul pada sebuah kendaraan beroda empat Indikator ABS Menyala Setelah Ganti As Roda
Contoh pemindahan ring ABS dari part usang ke part baru


Untuk itu sebaiknya segera bawa unit kendaraan beroda empat kesayangan kalian yang lampu indikator ABS nya menyala ke bengkel dimana anda pernah melaksanakan pembongkaran untuk meminta dibetulkan kembali.


Arti lampu indikator ABS menyala

Lampu indikator yang terdapat di penggalan dasboard kendaraan beroda empat kita ini berfungsi sebagai alat komunikasi kita terhadap kendaraan beroda empat yang kita miliki, kita bisa dengan gampang mengetahui problem apa saja yang terjadi pada kendaraan beroda empat milik kita, ibarat salah satunya jikalau lampu indikator ABS menyala, berarti hal ini menerangkan bahwa sistem ABS di kendaraan beroda empat kita mengalami malfungsi alias tidak sanggup berfungsi sebagaimana mestinya.


Fungsi penting ABS

Fungsi utama dari teknologi ABS yang ada pada sistem pengereman kendaraan beroda empat ini ialah untuk menghindarkan ban kendaraan beroda empat terkunci ketika dilakukan pengereman secara mendadak, terutama ketika kendaraan beroda empat sedang melaju di jalanan yang basah. Kaprikornus ketika kendaraan beroda empat sedang melaju di jalanan berair dan disaat itu pula didepan tedapat sebuah rintangan, ketika kita injak pedal rem secara mendadak, kendaraan beroda empat masih bisa kita kendalikan laju nya.

Beda halnya untuk kendaraan beroda empat yang tidak dilengkapi ABS, ketika dilakukan Hard Bracking ibarat itu ban akan eksklusif berhenti terputar, namun kendaraan masih tetap meluncur tak terkendali dan pada alhasil akan menabrak. Maka dari itu bila indikator ABS menyala, maka kendaraan beroda empat yang telah dilengkapi dengan teknologi ini akan kehilangan kemampuan atau fungsi nya, sehingga kendaraan beroda empat tersebut sama halnya dengan kendaraan beroda empat biasa tanpa ABS.


Bahayakah jikalau indikator ABS menyala ?

Tidak berbahaya, hanya saja kendaraan beroda empat akan kehilangan kemampuan bermanuver ketika di jalanan berair tanggapan ABS yang bermasalah ini. Untuk klarifikasi lebih lanjut silahkan baca kembali pada artikel kami yang lain mengenai ancaman atau tidaknya jikalau indikator sensor ABS menyala dibawah ini.

Baca juga : Lampu indikator ABS menyala apakah berbahaya ?

Nah jadi pastikan ketika anda akan mengganti As roda, bearing roda, rotor disc brake dan lain lain yang bekerjasama dengan roda, pastikan seluruh komponen yang sebelumnya dibongkar dipasang kembali. Semoga bermanfaat.

Untuk artikel lainnya perihal ABS silahkan baca juga dibawah ini :




Comments

Popular posts from this blog

Fungsi Lain Dari Jalu Stang Motor

Rumor : Usia Kompressor Ac Kendaraan Beroda Empat Hanya 5 Tahun, Benarkah ?

Body Kit Kendaraan Beroda Empat Materi Plastik Vs Fiber Bagusan Mana ?