Kelebihan Kekurangan Memakai Velg Ban Kecil

Modifikasi velg kendaraan beroda empat kecil - sehabis beberapa waktu yang kemudian kita membahas mengenai kelebihan serta kekurangan dari modifikasi kendaraan beroda empat menggunakan velg yang lebih besar dari ukuran standar, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas kebalikannya, yakni kelebihan serta kekurangan menggunakan velg dan ban yang kecil pada sebuah mobil.

 sehabis beberapa waktu yang kemudian kita membahas mengenai kelebihan serta kekurangan dari m Kelebihan Kekurangan Menggunakan Velg Ban Kecil
Credit of image : Carjunky.com


Velg dan ban yaitu salah satu komponen paling penting yang terdapat pada sebuah kendaraan baik itu motor maupun mobil, oleh karenanya pemilihan besar kecil nya komponen ini harus diperhatikan dengan baik, terlebih lagi mengenai material materi yang dipakai haruslah yang terbaik.

Baca juga : Ini ancaman menggunakan velg replika pada mobil

Nah untuk modifikasi velg serta ban pun ada kelebihan serta kekurangannya masing masing, dan beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari penggunaan velg serta ban yang lebih kecil dari ukuran standar diantaranya yaitu sebagai berikut :


#Kelebihan pakai velg dan ban kecil



1. Membuat setir kemudi menjadi lebih ringan

Menggunakan dimensi kaki kaki yang lebih kecil dibandingkan dengan ukuran standar ialah sanggup menciptakan setir kemudi menjadi lebih ringan terutama dikala dibelokkan. Karena hal ini pulalah banyak pemilik kendaraan beroda empat yang belum didukung teknologi powersteering biasanya menggunakan velg dan ban berukuran kecil untuk meringankan setir kemudi sehingga sopir tidak simpel merasa lelah.


2. Lebih hemat materi bakar

Dengan cara berkendara yang sama, penggunaan velg serta ban yang kecil ini lebih ekonomis materi bakar, sebab pada umumnya bobot dari velg ban kecil ini lebih ringan dibandingkan dengan velg besar / lebar sehingga mesin kendaraan beroda empat pun tidak terlalu terbebani dengan berat velg, sehingga tingkat konsumsi materi bakar menjadi lebih irit.


3. Meningkatkan akselerasi mobil

disamping ekonomis materi bakar, sebab bobotnya yang lebih ringan ini tentu saja akan menciptakan beban kendaraan menjadi lebih ringan, kesudahannya sudah tentu akselerasi kendaraan beroda empat semakin meningkat. Dan lagi lagi inilah alasan kenapa kebanyakan kendaraan beroda empat ataupun motor yang dipakai ajang balap akselerasi menggunakan velg yang lebih kecil, pada sepeda motor terdapat istilah velg dan ban cacing.



#Kekurangan pakai velg dan ban kecil

Selain kelebihan tentu tak afdol rasanya kalau tidak menyebutkan kekurangannya juga, nah beberapa kekurangan pemakaian velg dan ban berukuran kecil ini diantaranya yaitu sebagai berikut ini :


1. Kurang nyaman melintasi jalanan jelek

Karena ukuran ban yang kecil ini tentunya akan menciptakan ban dengan simpel masuk kedalam lubang di jalanan walaupun ukuran lubang tersebut kecil, sehingga menciptakan kenyamanan berkendara menjadi sedikit terganggu dengan pemakaian ban serta velg berukuran mini ini. Salah satu alasan kenapa lebih banyak orang mengganti roda kendaraan beroda empat mereka dengan ukuran yang lebih besar ketimbang menggantinya dengan ukuran yang lebih kecil ini yaitu duduk masalah kenyamanan, semakin besar velg dan ban tentu ketika melintasi jalanan buruk dan berlubang efek hentakan tidak akan terasa, setidaknya berkurang.


2. Tidak sanggup dipakai angkutan berat

Karena ukuran dimensi velg dan juga ban yang kecil pula, menciptakan kendaraan beroda empat yang mengaplikasikan roda roda mini ini menjadi tidak sanggup dipakai untuk mengangkut muatan yang berat, meskipun sanggup dipaksakan namun akan beresiko terhadap keselamatan berkendara di jalan raya.


3. Mobil rawan terbalik dikala bermanuver

Nah selain kedua hal diatas, salah satu resiko kalau anda mengganti velg serta ban kendaraan beroda empat dengan ukuran yang jauh lebih kecil dari ukuran standarnya yaitu kendaraan beroda empat lebih beresiko terbalik dikala dipakai bermanuver di kecepatan tinggi, hal ini diakibatkan sebab daya cengkram roda terhadap aspal yang jauh lebih sedikit kalau dibandingkan dengan penggunaan roda dengan ukuran velg serta ban bertapak lebar dan besar. Kaprikornus kendaraan beroda empat dengan ukuran ban yang kecil ini sebaiknya tidak dipakai untuk kebut kebutan, terutama di jalanan yang meliuk liuk sebab rawan sekali selip.

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan modifikasi velg besar pada mobil


Nah itulah tadi beberapa kelebihan serta kekurangan ketika anda tetapkan untuk memodifikasi penggalan kaki kaki mobil, khususnya di penggalan roda dan velg. Semoga bermanfaat dan silahkan di bantu share, terimakasih sudah membaca.



Comments

Popular posts from this blog

Fungsi Lain Dari Jalu Stang Motor

Rumor : Usia Kompressor Ac Kendaraan Beroda Empat Hanya 5 Tahun, Benarkah ?

Body Kit Kendaraan Beroda Empat Materi Plastik Vs Fiber Bagusan Mana ?