Perbedaan Ngelitik Di Mesin Bensin Dan Diesel

Perbedaan knocking di mesin bensin dan diesel - mesin yang ngelitik atau dalam bahasa teknik disebut dengan istilah knocking akan menciptakan komponen didalam ruang mesin menjadi rentan mengalami kerusakan, terutama pada pecahan komponen diruang bakar menyerupai piston, ring piston, serta dinding silinder atau cylinder liner yang cacat.

Dan penyebab mesin ngelitik ini antara kendaraan beroda empat bermesin bensin dan kendaraan beroda empat bermesin diesel tidaklah sama bila dilihat dari materi bakar yang dipakai serta proses terjadinya knocking ini. Nah untuk lebih jelasnya silahkan anda simak dengan baik dibawah ini.

Perbedaan knocking di mesin bensin dan diesel Perbedaan Ngelitik Di Mesin Bensin Dan Diesel


1. Knocking pada mesin bensin

Penyebab terjadinya knocking pada mesin bensin ini biasa terjadi alasannya penggunaan materi bakar yang mempunyai nilai oktan rendah, dimana semakin rendah nilai oktan maka materi bakar bensin ini semakin gampang sekali terbakar. Saat terjadi langkah kompresi pada kendaraan bermesin bensin, maka suhu didalam ruang bakar akan menjadi panas, dan alasannya materi bakar yang dipakai mempunyai angka oktan yang rendah, materi bakar tersebut terlebih dahulu terbakar dengan sendirinya tanpa pinjaman percikan api dari busi ( pembakaran prematur ), sehingga terjadilah ledakan tenaga dimana langkah piston masih belum menyentuh titik mati atas atau TMA dan busi belum menyala. terlalu cepat proses pembakaran inilah yang menjadikan knocking pada mesin bensin. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut.

Perbedaan knocking di mesin bensin dan diesel Perbedaan Ngelitik Di Mesin Bensin Dan Diesel


Baca juga : Mengenal apa itu angka oktan pada bensin

Nah supaya tidak terjadi knocking pada kendaraan bermesin bensin ini usahakan anda menggunakan materi bakar yang mempunyai nilai oktan tinggi atau materi bakar dengan nilai oktan yang disarankan oleh manufaktur kendaraan beroda empat yang anda gunakan. Ingat, semakin tinggi nilai oktan materi bakar bensin, maka semakin sulit materi bakar tersebut untuk terbakar sendiri sehingga materi bakar ber oktan tinggi ini cantik dipakai dan mesin pun terhindar dari yang namanya knocking.


2. Knocking pada mesin diesel

Nah untuk penyebab knocking pada mesin diesel ini kebalikan dari yang terjadi pada mesin bensin. Jika pada mesin bensin penggunaan materi bakar dengan nilai oktan yang terlalu rendah, maka pada kendaraan beroda empat bermesin diesel ini terjadinya knocking diakibatkan alasannya penggunaan materi bakar solar dengan angka cetane yang terlalu rendah, dimana semakin rendah angka cetane pada materi bakar solar, maka semakin sulit materi bakar tersebut untuk terbakar dengan sendirinya. Begitupun dengan nilai cetane pada solar yang semakin tinggi akan semakin cantik untuk dipakai di mesin diesel, hal ini dikarenakan materi bakar tersebut akan lebih gampang terbakar didalam ruang mesin.

Baca juga : Mengenal apa itu angka cetane pada solar

Perlu anda ketahui bahwa cara kerja mesin diesel ini berbeda dengan cara kerja mesin bensin, jikalau pada mesin bensin diperlukan sebuah busi sebagai pemantik nyala api, pada sistem pembakaran di mesin diesel hanya mengandalkan kompresi mesin yang tinggi, dimana kompresi mesin yang tinggi ini akan menciptakan ruang bakar menjadi panas dan secara otomatis materi bakar akan terbakar dengan sendirinya.

Proses knocking pada mesin diesel ini dimulai saat terjadi langkah kompresi pada piston sampai piston menyentuh titik mati atas atau TMA, namun materi bakar solar tersebut tidak kunjung terbakar alasannya mempunyai angka cetane yang rendah. Terlambatnya proses pembakaran pada mesin diesel inilah yang mengakibatkan mesin mengalami knocking. Nah supaya kendaraan beroda empat bermesin diesel yang anda alami tidak mengalami knocking, sebaiknya gunakan materi bakar yang mempunyai nilai cetane tinggi.



Kesimpulan dari perbedaan knocking yang terjadi pada mesin bensin dan diesel

#Mesin bensin
Penggunaan materi bakar dengan angka oktan rendah, bahan bakar gampang terbakar = knocking

#Mesin diesel
Penggunaan materi bakar dengan angka cetane rendah, bahan bakar sulit untuk terbakar = knocking


Baca juga : Inilah penyebab kenapa kendaraan beroda empat mesin diesel lebih mahal

Nah itulah tadi penyebab knocking pada kendaraan bermesin bensin dan diesel. Pastikan anda hanya menggunakan materi bakar yang disarankan untuk memelihara kondisi mesin kendaraan beroda empat supaya abadi dan bebas ngelitik. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan artikelnya.



Comments

Popular posts from this blog

Fungsi Lain Dari Jalu Stang Motor

Rumor : Usia Kompressor Ac Kendaraan Beroda Empat Hanya 5 Tahun, Benarkah ?

Body Kit Kendaraan Beroda Empat Materi Plastik Vs Fiber Bagusan Mana ?