Tips Mengemudi Kendaraan Beroda Empat Di Jalanan Rusak

Tips mengemudi mobil - tidak semua jalanan yang ada di indonesia ini kondisinya mulus dan rata, bahkan sebagian besar jalanan yang ada bisa dikatakan kurang bagus, apalagi untuk jalanan yang ada diperbatasan. Maka dari itu kita sebagai pengemudi harus siap menghadapi jalanan yang buruk ini dengan sebaik mungkin.

 tidak semua jalanan yang ada di indonesia ini kondisinya mulus dan rata Tips Mengemudi Mobil Di jalanan Rusak
Bad road condition, credit image by : comedytrafficschool, com


Memang tidak ada trik khusus yang bisa dilakukan ketika kita melewati jalan yang kondisinya rusak, namun begitu anda diharuskan selalu waspada dan tanggap ketika kendaraan beroda empat mulai melaju di jalanan yang kurang bersahabat. Nah adapun tips yang bisa kalian lakukan ketika berkendara di jalanan yang kurang manis diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Perlambat laju mobil

Sangat membahayakan jikalau kita tetap memaksakan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi ketika melewati jalanan yang rusak. Selain menciptakan tidak nyaman baik anda maupun penumpang, resiko kendaraan beroda empat mengalami kerusakan maupun kecelakaan di jalan semakin besar. Maka dari itu jikalau anda sedang mengemudi dan memasuki jalanan yang rusak, sebaiknya kurangi kecepatan kendaraan beroda empat atau pelankan laju kendaraan hingga anda memasuki jalanan yang kondisinya bagus.

Baca juga : Inilah keunggulan menggunakan angin nitrogen pada ban

2. Jaga jarak kondusif dengan kendaraan didepan

Baik di jalanan yang kondisinya manis maupun rusak sangat disarankan untuk selalu waspada dan jaga jarak dengan kendaraan yang ada didepan. Sebab biasanya banyak orang yang mengerem secara mendadak di jalanan yang kurang manis tanpa memperhatikan kendaraan yang ada dibelakangnya, sehingga rawan terjadi tabrakan ringan / benturan dari belakang alasannya ialah terlalu dekatnya jarak antara kedua mobil. Dengan menjaga jarak lebih jauh anda akan terhindar dari kecelakaan ringan. Selain itu dengan menjaga jarak lebih jauh ketika mengemudi di jalan rusak, anda jadi bisa lebih leluasa memperhatikan kerusakan jalan yang kalian lalui, sehingga anda akan lebih gampang mengambil keputusan.

3. Jaga konsentrasi ketika mengemudi

aspek yang sangat penting yang berfungsi sebagai penunjang keselamatan di jalan raya ialah selalu waspada dan konsentrasi ketika berkendara. Dengan kita berkonsentrasi penuh ketika mengemudi, anda akan lebih bisa mengendalikan kendaraan dan lebih cepat mengambil keputusan ketika melintasi jalanan yang kurang bersahabat. Tentunya hal ini sanggup menghindarkan anda dari tindakan manuver berbahaya yang sanggup mengancam keamanan dan keselamatan selama berkendara.

4. Hindari melaksanakan manuver berbahaya

Selain jalanan yang berbatu / berkerikil, duduk masalah utama yang ada di jalan ialah terdapatnya lubang menganga pada aspal jalan. Kondisi ini tentu saja menciptakan pengemudi yang kurang konsentrasi menjadi kehilangan kewaspadaan dan melaksanakan manuver berbahaya. Dengan menjaga jarak lebih jauh dari kendaraan didepan, anda sanggup lebih leluasa mengamati seberapa dalam lubang yang ada didepan, sehingga anda sanggup melaksanakan pengereman lebih awal. Sebisa mungkin jikalau ada lubang dijalan jangan melaksanakan manuver banting setir alasannya ialah sangat berbahaya, cukup pelankan kendaraan dan lewati lubang tadi secara perlahan lahan.

5. Waspada dinding ban tergesek pinggir lubang

Memang yang satu ini membutuhkan feeling yang sempurna guna memastikan seluruh ban kendaraan beroda empat sanggup memasuki lubang tanpa tergesek cuilan dindingnya bila memang terpaksa ban kendaraan beroda empat harus masuk lubang yang menganga di jalanan. Sebab kontruksi terlemah pada ban kendaraan beroda empat ada di cuilan dindingnya. Jika hingga dinding ban bergesekan dengan pinggiran lubang yang tajam dijalanan, ban kendaraan beroda empat bisa pecah.

Baca juga : Inilah perbedaan ban jenis A/T H/T dan M/T

Bila anda ragu ragu sehabis melewati lubang besar dijalanan, tidak ada salahnya menepikan kendaraan beroda empat dan menilik kondisi ban mobil, jikalau terdapat robek walaupun tidak hingga pecah, sebaiknya ganti saja ban tersebut dengan ban serep yang kondisinya lebih bagus.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kami sampaikan mengenai cara berkendara di jalanan yang rusak menggunakan mobil, biar bermanfaat.



Comments

Popular posts from this blog

Fungsi Lain Dari Jalu Stang Motor

Rumor : Usia Kompressor Ac Kendaraan Beroda Empat Hanya 5 Tahun, Benarkah ?

Body Kit Kendaraan Beroda Empat Materi Plastik Vs Fiber Bagusan Mana ?